Senin, 19 Maret 2012

Cara Memecah atau Membagi File Agar Berukuran Menjadi Lebih Kecil

Mungkin kita pernah kesulitan dalam meng-copy atau mem-burning file yang ukurannya sangat besar sehingga tidak memungkinkan untuk dimasukkan dalam Flashdisk atau CD ? Pernahkah kita melihat file yang terbagi menjadi beberapa bagian dan setiap bagian bernama part1, part2, part3, ..dst, seperti  gambar dibawah ini  ?
Nah sekarang saya mencoba untuk mengulas hal tersebut.
File yang mempunyai nama sebuah angka urut dibelakangnya (misalnya part1, part2, part3,..dst) biasanya adalah file hasil pecahan dari satu file yang berukuran lebih besar. File ini biasanya digunakan bila ingin menguploadnya dan hostingan tempat mengupload memiliki batasan ukuran file. Jadi file itu harus dipecah dahulu agar bisa di upload.
Pembagian / pemecahan file juga digunakan bila file tersebut terlalu besar untuk di burning pada sebuah CD atau DVD. Bila file tersebut terdiri dari banyak file yang berukuran kecil sih tidak apa – apa. Tetapi bila satu file berukuran besar, misalnya 800 MB, bagaimana caranya mem-burning? Sedangkan ukuran maksimal suatu CD hanya sekitar 700 MB saja. Memakai DVD adalah pemecahannya mengingat DVD berukuran sekitar 4,7 G. Tetapi bila PC atau Laptop kita hanya memakai CD – Room, mana bisa kita memakai DVD yang telah berisi file yang kita burning tadi? Nah sekarang bagaimana caranya memecah file yang berukuran besar tersebut?
Program untuk memecah file (file spliter) banyak sekali, dalam artikel ini saya akan menggunakan aplikasi yang umumnya ada di komputer kita, yaitu program WINRAR.
WINRAR merupakan saudaranya WINZIP, merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengkompress file (file compressi) yang membedakan antara winrar dengan winzip adalah hasil dari kompresannya. Winzip hasilnya berekstensi .zip, sedangkan winrar .rar, walaupun sebenarnya winrar juga bisa menghasilkan hasil kompresan dengan ekstensi .zip
Cara memecah file adalah sebagai berikut :
  1. Pastikan program winrar sudah terpasang di PC/Komputer/Laptop/Notebook, untuk mengecek apakah program winrar sudah terpasang atau belum caranya adalah klik kanan di tombol START, jika tampilan seperti yang di kotak merah, berarti winrar sudah terpasang/terinstal.
  2. Jika belum terpasang silahkan download di sinilalu instal dikomputer anda
  3. Siapkan file yang akan dipecah atu dibagi filenya dengan WINRAR, lalu klik kanan di file tersebut, lalu pilih “add to archive“, seperti gambar berikut :
  4. Setelah mengklik “add to archive” akan ada tampilan pilihan/option seperti gambar berikut :
  5. Pada kotak isian “Split to volumes, bytes” silahkan isi dengan sesuai dengan kebutuhan satuan defaultnya adalah bytes (B).
    misal file asal berukuran 10MB akan dipecah menjadi file yang berukuran 1 MB, maka anda tinggal mengetik 1M, jika akan dibagi menjadi 100Kb, tinggal mengetikan 100k
  6. Lalu klik tombol Ok, maka akan ada tampilan proses sebagai berikut :
  7. Setelah proses selesai, maka hasilnya akan tampil sebagai berikut :
  8. Mudah kan …..!!!!
Sekarang bagaimanakah mengembalikan file yang terpecah tadi menjadi file yang utuh, berikut langkahnya :
  1. Klik kanan disalah satu hasil pecahan file lalu klik “extract here“, seperti gambar berikut :
  2. maka hasilnya adalah sebagai berikut :
  3. Gampang kan ….!!! monggo dipraktekan..
  4. Semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar